Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh di Masa Pandemi

Tangsel, Bifonews.com – Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh di Masa Pandemi. Ada berbagai macam cara untuk meningkatkan daya tahan tubuh di masa pandemi seperti sekarang ini. Agar imunitas tubuh tetap terjaga dan dapat melawan berbagai jenis penyakit termasuk virus corona.

Situasi pandemi Covid-19 seperti sekarang ini tak sedikit membuat orang stres, panik, dan khawatir yang berlebihan. Hal tersebut bisa mempengaruhi sistem imunitas tubuh kita dan mudah terserang penyakit.

Terlebih lagi sekarang ini banyak varian baru dari covid-19. Beberapa varian baru ini diketahui lebih cepat menular jika imunitas tubuh menurun. Oleh karena itu, selain mentaati protokol kesehatan, masyarakat terus di himbau agar selalu menjaga kesehatan agar daya tahan tubuh nya tetap sehat dan bisa menangkal virus corona.

Berikut ini adalah beberapa cara yang perlu dilakukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh di masa pandemi Covid-19 :

Berolahraga Secara Teratur

Rutin berolahraga selama 30 menit setiap hari nya atau minimal 3-5 kali dalam seminggu diketahui dapat menjaga kekebalan tubuh pada manusia. Pilihlah olahraga yang sesuai dengan kemampuan tubuh anda seperti jalan kaki, jogging atau bersepeda.

Jika kalian ingin tetap berada dirumah dan menghindari kerumunan, kalian bisa memilih olahrag yang bisa dilakukan dirumah seperti senam aerobik, yoga ataupun stretching.

Mengonsumsi Makanan Bergizi

Selain berolahraga, tubuh kita juga memerlukan makanan yang bergizi. Namun harus mengutamakan makanan yang banyak mendandung protein, vitamin, antioksidan dan mineral.

Aneka makanan sehat dan bergizi yang dapat anda konsumsi selama pandemi ini antara lain buah, sayur, ikan, telur, susu serta kacang-kacangan. Makanan lain seperti seafood,keju dan yoghurt juga boleh anda konsumsi untuk memperkuat daya tahan tubuh.

Berjemur

Berjemur merupakan cara yang ampuh juga dalam meningkatkan imunitas di dalam tubuh. Hasil studi mengatakan bahwa sinar matahari memproduksi banyak vitamin D yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita.

Oleh karena itu setidaknya 3-4 kali berjemur dalam seminggu, selama 10-15 menit pada pukul 09.00-10.00 pagi.

Istirahat Yang Cukup

Jika kalian sudah mengikuti beberapa cara di atas tadi, namun jam istirahat kalian tidak mencukupi hasil nya akan sama saja. Tubuh kalian akan cepat merasa lelah dan muda terserang penyakit.

Oleh karena itu pastikan tubuh kalian mencukupi waktu tidur sesuai dengan usia. Umum nya tidur yang cukup membutuhkan waku selama 8-10 jam perhari.

Mengkonsumsi Vitamin

Asupan gizi yang cukup dan seimbang sangat diperlukan untuk sistem  kekebalan imun pada tubuh. Oleh karena itu jika makanan yang kita konsumsi kurang mencukupi nutrisi nya, kita wajib mengosumsi vitamin. Vitamin yang wajib di konsumsi adalah vitamin C serta Vitamin D.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.