Manfaat, Kegunaan, dan Efek Samping Masker Olahraga

Manfaat, kegunaan, dan efek samping masker olahraga. Masker olahraga, yang disebut juga masker altitudo atau masker latihan ketinggian, digunakan untuk menambah daya tahan olahraga dengan mensimulasikan altitudo yang lebih tinggi.

Pegiat olahraga menggunakan masker ini untuk membatasi asupan oksigen dan meningkatkan kinerja fisik dengan mengejar target-target yang menantang.

Berikut beberapa manfaat, kegunaan, dan kemungkinan efek samping masker olahraga.

Fungsi

Masker olahraga membuat jantung dan paru-paru bekerja lebih keras. Pemakaian masker olahraga membantu merekayasa situasi yang mirip dengan ketinggian.

Masker olahraga memiliki katup yang dapat disesuaikan untuk membatasi jumlah asupan oksigen dan katup lain untuk melepaskan udara yang diembuskan.

Dengan berkurangnya asupan oksigen, jantung dan paru-paru pun bekerja lebih keras. Nantinya, saat kita melepas masker, tubuh akan mampu menggunakan oksigen lebih efisien dan bekerja lebih baik.

Manfaat pemakaian masker olahraga

Sebuah penelitian menunjukkan, masker olahraga membantu meningkatkan VO2 max, yaitu asupan oksigen maksimal tubuh selama olahraga. Studi lain menunjukkan bahwa masker olahraga melatih otot-otot pernapasan dan membantu meningkatkan kapasitas paru-paru.

Namun, penelitian yang membandingkan masker olahraga dengan latihan pada altitudo yang lebih tinggi masih dalam tahap awal dan kegunaan lainnya pun belum diketahui.

Tips

Berikut kiat-kiat untuk pemula. Pastikan masker pas dan tidak terlalu ketat atau longgar. Jangan langsung berlari jarak jauh  sebagai gantinya, kenakan masker, biasakan diri dan perlahan-lahan tambah intensitasnya. Kita juga perlu memperhatikan kondisi selama olahraga. Lepaskan masker jika Anda merasakan salah satu efek samping berikut.

Efek samping

Sejumlah efek samping yang mungkin Anda alami. Pening, pusing, dan kecemasan adalah beberapa efek samping umum yang terkait dengan penggunaan masker olahraga.

Segera lepaskan masker bila Anda merasa terlalu pusing dan pening. Kelelahan dan rasa tidak nyaman tak akan berlangsung selama berhari-hari dan mungkin menjadi cara tubuh beradaptasi dengan latihan baru.

Namun, kalau Anda merasa cemas, barangkali itu isyarat agar tidak menggunakan masker olahraga. (Dikutip dari newsbytesapp.com. Gambar  Illustrasi/Foto: klikdokter.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.