Olahraga yang Cocok Dilakukan saat Sedang Merasa Marah

Olahraga yang cocok dilakukan saat sedang merasa marah. Kemarahan adalah emosi yang normal dan sehat yang dialami setiap orang pada suatu waktu.

Emosi yang mendasarinya, seperti kesedihan, ketakutan, atau rasa bersalah, juga dapat diekspresikan sebagai kemarahan. Selama masa stres, kita mungkin mengalami kemarahan lebih sering daripada biasanya.

Kemarahan menjadi bermasalah ketika menjadi tidak terkendali. Beberapa orang berolahraga untuk mengelola emosi dan frustrasi mereka.

Para peneliti telah menemukan bahwa latihan aerobik, khususnya, dapat membantu mengurangi kecemasan, depresi, dan permusuhan. Beberapa penelitian bahkan menunjukkan bahwa olahraga singkat dapat membantu mencegah suasana hati yang marah.

Olahraga telah dikaitkan dengan penurunan risiko banyak penyakit, termasuk diabetes tipe 2 dan penyakit jantung.

Olahraga juga telah terbukti meningkatkan ketahanan emosional seseorang terhadap stres akut. Jadi, ketika kamu mengalami kemarahan, latihan fisik mungkin merupakan cara yang positif untuk meredakan ketegangan.

Jenis Latihan untuk Mengelola Amarah

Mengutip VerywellFit,  dari Olahraga adalah solusi yang bagus secara teori, tetapi beberapa orang mungkin mengalami kesulitan memberikan energi mereka untuk berolahraga ketika kemarahan memakan mereka. Ada berbagai cara untuk mendekati gerakan saat Anda kesal atau kesal.

Beberapa orang mungkin lebih suka melepaskan amarahnya dengan gerakan eksplosif, seperti tinju, latihan sirkuit, atau menari.

Namun mungkin ada pula yang lebih suka menenangkan pernapasan mereka dan mengurangi detak jantung mereka dengan latihan pikiran-tubuh, seperti yoga, Tai Chi, atau meditasi. Beberapa bahkan mungkin lebih suka kombinasi keduanya, seperti hiking di alam.

Karena aktivitas aerobik secara khusus disebut oleh para peneliti sebagai cara untuk mengurangi ekspresi kemarahan pada anak-anak dan orang dewasa, kamu mungkin ingin mengeluarkan keringat untuk menenangkan saraf. Aktivitas seperti dayung dan lari treadmill telah dikaitkan dengan penurunan kemarahan, kesedihan, dan kecemasan.

1. Tinju

Latihan tinju memaksamu untuk fokus pada kombinasi pukulan dan jab tertentu. Latihan tinju melibatkan seluruh tubuh, membakar kalori, dan membangun kekuatan, terutama di tubuh bagian atas.

Ada banyak studio dan gym tinju, banyak juga yang menyediakan aplikasi yang memungkinkan kamu berolahraga di rumah.

Pengalaman mendalam memungkinkan Anda melepaskan stres, tetapi memaksa Anda untuk fokus pada kombinasi kompleks sambil bersenang-senang dan membakar kalori.

2. Lompat Tali

Latihan intensitas tinggi lainnya yang membutuhkan fokus dan konsentrasi adalah lompat tali.

Keindahan dari latihan ini adalah kamu akan meningkatkan detak jantung dengan cepat dan membakar kalori dengan cepat. Ini juga membutuhkan peralatan yang sangat sedikit.

Latihan lompat tali dapat mencakup gerakan seperti lompat kaki ganda, langkah lari, langkah tinggi, atau unders ganda yang memaksamu mengalihkan pikiran dari kemarahan untuk mengoordinasikan kaki.

3. Circuit Training

Hal yang hebat tentang latihan sirkuit adalah itu membuat kamu terus bergerak. Kamu berpindah dari sesi ke sei dan mengerjakan bagian tubuh yang berbeda untuk waktu yang singkat, jadi hanya ada sedikit waktu untuk memikirkan apa pun yang menyebabkan kamu merasa marah.

Untuk melakukan sirkuit di rumah, kamu mungkin memerlukan beberapa peralatan dasar seperti dumbbell, kettlebell, atau resistance band.

Atau kamu dapat mencoba sirkuit berat badan total dan hanya menggunakan tubuhmu sendiri untuk membangun kekuatan dan mengeluarkan keringat.

4. Yoga

Ada banyak gaya yoga berbeda yang mungkin Anda pertimbangkan untuk dicoba saat merasa perlu meredakan amarah. Hatha yoga cenderung lebih lambat dan lebih lembut.

Yoga kekuatan dan yoga vinyasa, di sisi lain, bergerak lebih cepat dan menawarkan latihan yang lebih intens. Bikram yoga dilakukan di ruangan berpemanas yang dapat menantangmu untuk fokus pada postur tertentu selama kelas 90 menit.

Bahkan ada jenis yoga yang dirancang untuk mereka yang ingin mengekspresikan kemarahannya.

5. Tai Chi

Tai chi sebenarnya adalah seni bela diri yang berasal dari Cina, tetapi bukan jenis di mana kamu dapat bergerak agresif. Sebaliknya, ini adalah serangkaian meditasi diri dan gerakan yang mengalir.

Laju gerakan yang lambat dapat membantu menenangkan emosi dan menurunkan detak jantung jika kamu merasa sedang dibebani dan marah.

Ada berbagai jenis tai chi, tetapi jika kamu baru memulai, ada kelas tai chi online dan aplikasi yang dapat membantu. (Dikutip dari parapuan.co. Gambar Illustrasi/ Foto oleh inna mykytas dari Pexels)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.