RK Temui Zulhas dan Airlangga, Bahas Koalisi Indonesia Bersatu

Jakarta, Bifonews.com – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menemui Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan di Jakarta pada Minggu (15/5) kemarin.

Usai bertemu Airlangga, pria yang akrab disapa Emil ini melaporkan bahwa publik merespons positif Koalisi Indonesia Bersatu yang digagas Golkar, PPP, dan PAN.

“Kan, ada berita koalisi, tuh, di bawah bagus responsnya, saya laporkan ke Pak Airlangga. Koalisi ini responsnya sangat positif dan memberikan harapan-harapan, dan tentunya dengan begitu mudah-mudahan, ini juga mendukung sisa jabatan saya,” ujar Emil seperti dikutip Detik, Senin (16/5).

Airlangga, kata Emil, menyampaikan harapannya terkait pentingnya koalisi tersebut di akhir jabatan Emil sebagai gubernur yang akan segera berakhir di tahun 2023.

Diketahui, Ridwan Kamil terpilih sebagai Gubernur Jawa Barat pada Pilkada 2018 lalu. Jabatannya akan berakhir pada 2023 mendatang.

“Tadi Pak Airlangga sudah menyatakan, Partai Golkar, ini penting supaya sampai di sisa waktu ini Jawa Baratnya mantap juara dan sebagainya, kira-kira itu harapannya,” tambah Emil.

Di tempat yang sama, Airlangga membocorkan hasil pembicaraan tertutupnya dengan Ridwan Kamil. Ia berbicara soal dukungan Partai Golkar kepada Ridwan Kamil selaku Gubernur Jawa Barat.

“Kami membahas hal lain, yang tentu terkait juga perkembangan politik saat ini, di mana tentu selama ini Pak Emil selaku Gubernur Jawa Barat juga didukung Partai Golkar agar kerjaannya bisa berjalan dengan lancar,” ujar Airlangga.

Pada hari yang sama, Emil juga sempat bertemu dengan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan. Pertemuan itu diketahui saat Zulhas mengunggah fotonya bersama Emil di akun Twitter resminya @ZUL_hasan.

Zulhas mengatakan, pertemuan dengan Emil itu digelar selama dua jam. Saat itu, Emil juga turut bertanya kepada Zulhas soal Koalisi Indonesia Bersatu.

“Tentu kami pun berdiskusi soal situasi politik dan kebangsaan hari ini. Kang Emil tanya soal Koalisi Indonesia Bersatu yang baru saya bentuk bersama Pak Airlangga dan Pak Suharso minggu lalu,” cuit Zulhas.

Zulhas menyampaikan bahwa fokus Koalisi Indonesia Bersatu untuk membawa politik gagasan. Ia percaya Indonesia akan lebih baik jika memiliki gagasan, terobosan, dan menjaga persatuan.

“Sehat selalu Kang Emil. Terima kasih sudah berkunjung ke Widya Chandra. Pertemuan tadi ditutup dengan TikTok-an bareng. Saya tentu kalah soal ini. Kang Emil jagonya,” kata Zulhas.

Sebagai informasi, Partai Golkar, PAN, dan PPP telah sepakat membangun koalisi gagasan jelang Pemilu 2024 dengan nama Koalisi Indonesia Bersatu.

Kesepakatan membangun koalisi itu terjalin usai ketua umum dari ketiga partai politik tersebut menggelar pertemuan di Menteng, Jakarta pada Kamis (12/5) malam lalu.

“Dengan visi partai yang dimilikinya dan berbagai pengalaman politik, kesemuanya bersepakat untuk menyatukan diri membangun koalisi yang disebut Koalisi Indonesia Bersatu,” kata Ketua DPP Partai Golkar Ace Hasan Syadzily kepada Bifonews.com, Jumat (13/5).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.