Tempat Ziarah Umat Muslim Tersebar di Indonesia

Tangsel, Bifonews.comTempat Ziarah Umat Muslim Tersebar di Indonesia. Wisata religi merupakan salah satu wisata yang diminati oleh masyarakat. Destinasi wisata religi merupakan tempat ibadah atau tempat yang memiliki nilai bersejarah yang tinggi. Jika kamu salah satu peminat wisata religi, berikut beberapa destinasi wisata religi.

Gua Tsur – Mekkah, Arab Saudi

Tempat Ziarah Umat Muslim yang Tersebar di Indonesia

Nilai sejarah dari Gua Tsur yakni Gua yang dijadikan tempat berlindung Nabi Muhammad dan Abu Bakar Assiddiq saat sedang hijrah menuju Madinah, dikejar oleh kaum Quraisy. Mereka menetap disana selama 3 hari.

Konon katanya, kaum Quraisy sudah sempat mencapai gua tersebut, tetapi mereka tidak melihat keberadaan Rasulullah SAW dan Abu Bakar Assiddiq sama sekali. Alih-alih, mereka justru melihat gua tersebut ditutupi sarang laba-laba dan ada burung yang membangun sarang di atasnya. Hal ini menggambarkan kekuasaan Allah SWT dalam melindungi Rasulullah SAW dari marabahaya.

Jabal Rahmah – Mekkah, Arab Saudi

Jabal Rahmah

Jabal Rahmah tepatnya berada di Mekkah, lebih tepatnya di sebuah bukit di Padang Arafah. Tempat ini menjadi lokasi bersejarah, karena merupakan tempat bertemunya Nabi Adam AS dan Siti Hawa. Itu merupakan pertemuan pertama kali mereka setelah dipisahkan selama 200 tahun setelah diturunkan dari surga. Untuk mengenang pertemuan ini, dibangun tugu putih di puncak Jabal Rahmah.  Orang-orang yang sedang pergi umroh atau naik haji sangat sering mengunjungi tempat ini, karena terdapat nilai sentimentil tersendiri dari cerita di baliknya.

Mekah – Saudi Arabia

Tempat Ziarah Umat Muslim yang Tersebar di Indonesia

Pastinya umat Islam sudah tak asing dengan kota ini. Di kota ini terdapat Ka’bah yang merupakan kiblat dalam melaksanakan ibadah. Kebanyakan wisatawan berkunjung untuk menunaikan ibadah haji dan umroh. Rata-rata sekitar 13 juta wisatawan berkunjung di tempat suci ini.

Tak jauh dari kota Mekkah juga terdapat kota Madinah yang merupakan kota suci bagi umat Muslim. Di Mekkah, kamu juga dapat melihat Abraj Al Bait, tempat di mana terdapat menara jam terbesar dan tertinggi di dunia.

Tembok Ratapan Yerusalem – Israel

Tempat Ziarah Umat Muslim yang Tersebar di Indonesia

Yerusalem merupakan kota yang dijuluki kota suci 3 agama. Hal ini disebabkan kota ini memiliki 3 ikon agama sekaligus yaitu umat Islam datang ke Masjid Al Aqsa, umat Kristen datang ke Betlehem, dan umat Yahudi datang ke Tembok Ratapan.

Tembok Ratapan merupakan tempat ibadah umat Yahudi di mana setiap laki-laki berada di sebelah kiri dan perempuan berada di sebelah kanan. Tembok Ratapan sebelumnya adalah bagian dari Bait Suci yang merupakan tempat peribadatan. Tempat ini dibangun pada masa Raja Solomon atau Nabi Sulaiman. Polisi Israel mengungkapkan rata-rata terdapat 11 juta pengunjung yang datang setiap tahunnya. (Tasya)

One thought on “Tempat Ziarah Umat Muslim Tersebar di Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.