Tips Membersihkan Ikan agar Empedunya Tidak Pecah dan Bikin Daging Pahit

Tips membersihkan ikan agar empedunya tidak pecah dan bikin daging pahit. Pernahkah kamu menemukan olahan daging ikan yang terasa pahit? Ini bukan karena kualitas ikan melainkan kesalahan saat membersihkan daging ikan.

Daging ikan terasa pahit biasanya disebabkan oleh empedu yang pecah saat membersihkan isi perut ikan. Empedu ikan berukuran kecil dan berwarna hijau gelap. Letak empedu ikan di perut atas, tepatnya di dekat organ hati.

Cara memotong dan membersihkan ikan yang salah berpotensi membuat empedu ikut terpotong dan pecah, sehingga cairannya akan meresap ke daging ikan.

Tips membersihkan ikan

Executive Chef Hotel Santika Premier Hayam Wuruk Leonardus Benardo mengatakan bahwa kamu hanya perlu mengiris bagian kulit ikan saat membersihkannya agar empedu tidak pecah.

“Potong bagian perut ikan lurus dari bawah ke atas, cuma jangan sampai melebihi kulit ikan, cukup sampai kulit saja robeknya,” katanya saat dihubungi oleh Kompas.com pada Jumat (8/4/2022).

Setelah bagian kulit ikan robek, lanjutkan dengan mengambil isi perut ikan secara perlahan dan hati-hati.

“Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membersihkan perut ikan, seperti memotong ikan di depan anus, lalu ditusuk menggunakan sumpit hingga ke insang. Tapi cara ini terlalu rumit untuk pemula,” ujar Leo.

Selain memastikan bagian empedu tidak pecah saat dikeluarkan, Leo menyarankan untuk menggunakan pisau yang tajam supaya mudah saat membersihkan ikan. (Dikutip dari Kompas.com. Gambar Illustrasi/Foto: klikdokter.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.